Selasa, 04 Mei 2021

Tantangan Menulis Fiksi

 


Dengan Bismillahirrahmanirrahim, saya susun  tulisan ini berharap atas keberkahannya, mendapatkan buku dari sang Narasumber Bapak Sudomo. Dan jikapun tidak, tak apa tulisan ini akan tetap saya rangkai sebagai bentuk rasa hormat saya dalam mengikuti tantangan beliau.

Sudomo, S.Pt "Sejatinya ingatan manusia terbatas. Tidak semua peristiwa bisa diingat kejadiannya dengan detail. Hanya bisa mengingat beberapa atau sebagian saja, termasuk kejadian positif dan negatif kita di masa lalu yang menjadi pembelajaran bagi kita dalam menjalani peran sebagai guru di masa kini ". 

kutipan kalimat diatas yang benar-benar mengetuk pikiran saya untuk mengingat tugas yang beliau berikan ketika beliau menjadi Narasumber hari kemarin. Tersentak dan teringat seketika setelah beliau mengirimkan pesan lewat WAG grup menulis gel.18

Challange 1

1. Tulislah minimal 5 contoh Tema yang bisa dikembangkan menjadi cerita fiksi

a.  Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

b.  Perempuan Tangguh

c. Siswa dari Desa Huntara

d. Jejak Pengabdian

e. Pemimpin hebat 


2.  Dari kelima tema diatas, saya memutuskan memilih tema "Pemimpin Hebat"

 dengan Ilustrasi sebagai berikut:  

Karakter     : Seorang Bupati di Tanah Baduy

Tujuan Tokoh ; Membangun daerah menuju daerah Agro wisata dan agro budaya

Rintangan : Kesadaran masyarakat yang belum melek IT, dan jauh dari  modernisasi

Resolusi :  Menciptakan Spot-spot wisata untuk meningkatkan APBD Daerah di Tanah Baduy

Dari unsur-unsur diatas, akan menjadi Premis sebagai berikut:


Seorang Bupati dari Tanah Baduy me-modernisasi daerah  dengan menciptakan Spot-spot wisata untuk Meningkatkan APDB Daerah.

3. Apabila tema ini ditulis dalam sebuah cerita fiksi maka saya akan memberinya judul "Srikandi dari Tanah Baduy". Dikatakan Srikandi karena Bupati di daerah saya adalah seorang perempuan Pemberani yang mengorbankan segala tenaga dan fikiraannya untuk kemajuan kabupeten Lebak. 

Demikian tulisan ini saya publishkan, apabila Bapak Sudomo berkenan maka saya akan membuat cerita fiski berbentuk novel dari tokoh yang amat saya kagumi. Salam Literasi!

Maydearly89


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kata Pengantar Buku Tarian Aksara Penuh Makna

Dahulu aku sering bertanya sendiri; kalau puisi itu berwujud, akan seperti apakah dia? Matahari? Bulan? Bintang? Gunung? Laut? Bertahun lalu...